Aset Digital yang Bisa Bikin Kaya, Apa Saja?

Aset Digital yang Bisa Bikin Kaya, Apa Saja?

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat, mempunyai aset digital sangatlah menguntungkan. Karena dari sini kita bisa meraup pundi pundi keuntungan.

Namun sayangnya di Indonesia kesadaran merawat asset digital belumlah menggembirikan. Memang Indonesia merupakan salah satu pengguna internet terbanyak di dunia. Namun sayangnya banyak orang yang belum dapat menjadikan asset digital menjadi salah satu sumber pendapatan.

Padahal Indonesia memiliki bonus demografi yang melimpah, dengan ini harusnya memanfaatkan asset digital menjadi uang bukanlah perkara yang sulit diwujudkan.

Sebelum membahas lebih jauh alangkah baiknya kita mengenal dulu pengertian apa itu asset digital?    

Dikutip dari laman kompas.com. Aset digital adalah aset yang ruang lingkupnya tidak hanya terbatas pada uang, tetapi juga memiliki nilai emosional, pribadi, dan rahasia. Contoh nyata dari aset digital seperti akun media sosial, domain blog atau ID untuk mengakses game online.

Nah kalau sudah paham mengenai asset digital, lalu apa saja asset digital yang bisa menghasilkan uang?

Untuk itu pada kesempatan kali  ini copytrade.blog akan merangkum dari beberapa sumber mengenai jenis asset digital yang bisa menghasilkan uang. Rapikan posisi tempat duduk Anda lalu simak penjelasan berikut:

1. Media Sosial                                                                                  

Siapa sangka dijaman sekarang media sosial bisa menjadi salah satu alat sebagai pendulang uang. Kalau dulu bermain media sosial hanyalah untuk berinteraksi dengan teman teman di dunia maya namun tidak dengan sekarang.

Karena jika kita cerdik memanfaatkan peluang yang ada media sosial nyatanya bisa menjanjikan keuntungan yang tidak terduga sebelumnya.

Hal ini bisa dibuktikan dari maraknya produk iklan yang justru kini lebih melirik pada suatu akun media sosial untuk diajak bekerjasama dalam menawarkan produknya dengan mekanisme saat ini yang disebut dengan endorse.

Saat ini iklan bentuk ini telah mengalahkan dominasi iklan mainstream seperti surat kabar dan radio.

2. Saham

Investasi saham juga menjadi salah satu asset digital yang bisa kita pilih dalam mengeruk banyak keuntungan. Jika dulu ‘bermain saham’ terkesan rumit dan njilmet tapi tidak dengan sekarang, dimana ‘bermain’ saham bisa kita lakukan secara mudah hanya dalam genggaman.

Iya hanya dengan menggunakan ponsel yang kita punya kita sudah bisa melukan transaksi jual beli saham dengan mudah dan cepat.

Saham merupakan intrumen yang banyak digunakan oleh sabagian orang untuk berinestasi, karena dengan bermain saham kita bisa mendapatkan banyak keuntungan yang bisa kita peroleh.

Bahkan sekarang banyak anak muda yang sudah mulai terjun ke dalam salah satu jenis investasi ini. Ini menjadi kabar gembira tentunya karena di Indonesia para pelaku saham identik dengan orang orang tua. 

3. Reksa Dana

Salah satu jenis investasi digital yang juga bisa mendatangkan keuntungan berjangka adalah reksa dana. Reksa dana beberapa tahun berlakang menjadi primadona dalam sektor investasi.

Kini telah banyak orang yang memilih reksa dana dalam menginvestasikan uangnya. Karena reksa dana menawarkan pembagian hasil yang lebih tinggi dari jenis investasi sejenisnya.

Hal itulah yang menjadi salah satu kenapa reksa dana cepat berkembang di Indonesia. Salah satu jenis investasi ini cocok digunakan pada investor pemula.   

4. Blog

Digital aset yang dikenal bisa mendulang banyak keuntungan adalah blog. Dari dulu memang blog banyak dilakuakan oleh orang sebagai salah satu intrumen dalam mendulang uang di internet.

Kita bisa mendapatkan uang dengan cara bekerjasama dengan google adsene, yaitu lembaga periklanan online yang dimiliki oleh google. Hasilnya pun relatif sangat menggiurkan dari sini saja kita bisa mendapatkan uang puluhan juta rubiah perbulan.

Namun dengan catatan blog kita ramai dikunjungi oleh banyak orang. Sehingga kita dituntut membuat konten tulisan yang menarik dan bermanfaat bagi banyak orang.

Untuk mendapatkan uang dari hasil ngeblog bukanlah perkara yang mudah, kita harus tekun dan sabar karena prosesnya yang terbilang agak lama. Banyak orang yang gagal dalam memelihara asset digital ini karena kurang sabar dan ingin mendapatkan hasil dengan instan.  

5. Bitcoin

Sebagai salah satu pemain utama dalam dunia cryptocurrency bitcoin semakin menunjukan dominasinya dalam dunia tersebut satu tahun terakhir ini. Bisa dibuktikan dengan cryptocurrency pada bitcoin kian hari kian meningkat drastis.

Bitcoin juga dianggap sebagai raja cryptocurrency dunia. Ini menduduki peringkat teratas dalam hal investasi untuk masa depan. Meski keberadaan bitcoin masih menjadi perdebatan, khususnya oleh para banker namun nyatanya system crypto yang ditawarkan bitcoin bisa mengurai masalah uang konvesioal.

Bitcoin hanya salah satu pemain dalam peredaran cryptocurrency. Sebagai landasan mereka menggunakan sistem blockchain. Sistem ini sendiri dipercaya akan mendominasi sistem finasial pada masa yang akan datang.

Sistem tersebut juga dikenal bisa melemahkan dominasi bank. Dimana bank saat ini merupakan sentral dari alur perputaran uang di dunia. 

6. Ethereum

Ethereum adalah sebuah platform rantai-blok dengan fungsi kontrak cerdas. Ethereum mempunyai fungsi seumpama virtual machine yang boleh menjalankan kontrak cerdas peer-to-peer dengan uang kriptografi Ether.

Sama halnya seperti bitcoin, etherum bisa dibilang menjadi generasi kedua yang lahir dalam jenis cryptocurrency yang menggunakan system  blockchain dalam menjalankan fungsinya.

Dikutip dari laman ethereum.org Komunitas Ethereum adalah komunitas blockchain terbesar dan paling aktif di dunia. Ini mencakup developer protokol inti, peneliti cryptoeconomic, cypherpunks, organisasi mining, pemegang ETH, developer aplikasi, pengguna biasa, anarkis, dan perusahaan fortune 500.

Tidak ada perusahaan atau organisasi terpusat yang mengendalikan Ethereum. Ethereum dikelola dan diperbarui dari waktu ke waktu oleh komunitas kontributor global yang beragam dan yang mengerjakan segala hal mulai dari protokol inti hingga aplikasi untuk konsumen.

7. Ripple

Ripple adalah mata uang kripto yang sangat mirip dengan Bitcoin dan Litecoin dalam hal struktur dan data teknisnya. Memang, nilai mata uang kripto Ripple (XRP) terbilang kecil dan tidak sebanding dengan Bitcoin.

Menariknya lagi, nampaknya saat ini XRP adalah satu-satunya mata uang digital yang mendapat dukungan sektor perbankan.

Tujuannya adalah agar orang dapat terlepas dari lembaga keuangan seperti bank, perusahaan kartu kredit, dan jaringan lain yang membebankan biaya dan menyebabkan penundaan.

Menurut ukuran pasar dan modal, Ripple merupakan mata uang kripto terbesar ketiga, setelah Bitcoin dan Ethereum.

8. Stellar

Stellar Lumens (XLM) merupakan salah satu mata uang kripto papan atas yang cocok untuk transaksi dana kecil tapi berskala global.

Sebagian orang berpendapat bahwa Stellar Lumens adalah hard fork (percabangan) dari protokol Ripple. Menariknya, Jed McCaleb yang mendirikan koin Stellar Lumens adalah pendiri Ripple juga.

Stellar dapat diperdagangkan di mana saja di seluruh dunia hanya dalam 3 hingga 5 detik, lebih cepat dari bitcoin. Ini ideal untuk pembayaran lintas batas seperti transaksi luar negeri.

Dengan transaksi stellar kita tidak perlu berurusan dengan biaya mahal yang dikenakan oleh perusahaan seperti Western Union.

9. Litecoin

Litecoin adalah sebuah uang elektronik yang di buat pada tahun 2011 dan perangkat lunak sumber terbuka di bawah lisensi MIT/X11. Litecoin adalah salah satu Cryptocurrency yang lahir setelah era Bitcoin.

Litecoin telah mengukuhkan diri sebagai pesaing utama Bitcoin, nilai litecoin juga tidak terlalu berbeda dauh dari saudara tuanya yaitu bitcoin. Bahkan dibeberapa negara litecoin sudah menggeser dominasi bitcoin dalam dunia cryptocurrency.

Sedikit berbeda dengan Bitcoin dalam beberapa aspek, seperti laju pembangkitan blok yang jauh lebih cepat dan juga menggunakan algoritma scrypt sebagai proof-of-work nya.

Litecoin dikenal dalam dunia cryptocurrency merupakan peraknya bitcoin. Sehingga banyak pelaku crypto pemula yang lebih memilih litecoin dalam ketika akan berinvestasi dalam dunia Cryptocurrency.

Itulah deratan asset digital yang bisa menjadikan kita kaya raya ketika kita cermat dalam menemukan peluang yang ada.

Terlebih dengan semakin majunya perekembangan teknologi, memiliki asset digital akan sangat menguntungakan. Karena asset digital merupakan salah satu model bisnis yang akan terus berkembang seiring dengan berkembangnya zaman.

Baca juga: Kekinian! Berikut Ide Bisnis Digital yang Menguntungkan

Scroll to Top