Aktifkan Gratis Ongkir Toko, Seller Shopee Wajib Tau ini!

Salah satu keunggulan e-commerce yang disukai oleh penggunanya yaitu layanan gratis ongkir yang ditawarkan. Gratis ongkir atau ongkos kirim adalah layanan yang digunakan untuk memangkas ongkos kirim produk yang akan dikirimkan.

ongkir dan gratis
Sumber: Freepik

Untuk itu, e-commerce akan menanggung biaya ongkos kirim atau ongkir sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, seperti gratis ongkos kirim dengan minimal pembayaran 0 rupiah atau diskon minimal pembelian. Salah satu e-commerce yang menerapkan layanan ini adalah Shopee.

Selain menguntungkan bagi para pengguna, layanan gratis ongkir ini sangat bermanfaat bagi seller. Salah satu alasannya yang wajib seller ketahui adalah dengan mengikuti program layanan ini maka dapat meningkatkan omzet penjualan hingga 80% loh.

Tenang saja, pihak shopee telah bekerja sama dengan penyedia jasa kirim di Indonesia seperti J&T, ID Express, Antareja, Ninja Express, SiCepat, JNE, dan jasa kirim yang dikelola oleh Shopee yaitu Shopee Express. Jadi kalian tidak perlu bingung memilih jasa kirim yang akan dipilih.

Cara untuk mengaktifkannya pun sangat mudah dan tidak menyulitkan. Dan satu lagi, tanpa dipungut biaya sepeser pun, jadi jika ada yang meminta uang dan memberikan penawaran gratis ongkir shopee bisa dipastikan itu penipuan.

Baca juga: Cara Melakukan fitur baru S-pinjam di Shopee

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat kalian lakukan untuk mendaftar layanan gratis ongkir, yaitu:

1.Aktifkan Penyedia layanan jasa kirim
Untuk mengaktifkan penyedia layanan jasa kirim yang mendukung program gratis ongkir. Cukup pilih minimal salah satu dari jasa kirim yang tersedia.

Serta tipe layanan yang diberikan minimal satu layanan yang disediakan oleh penyedia jasa.Seperti layanan reguler, instant, hemat, dan juga kargo

2.Lakukan Verifikasi kartu identitas
Untuk langkah selanjutnya kalian perlu menyiapkan kartu identitas untuk melakukan verifikasi. Perlu diingat program ini gratis sehingga seller atau penjual tidak akan dipungut biaya tambahan sepeser pun.

Cukup memenuhi syarat dan ketentuan yang telah diberikan oleh pihak shopee, kalian para seller dapat mendaftar program tersebut. Berikut syarat dan ketentuannya:
1.Pastikan penjual mengaktifkan minimal satu dari jasa kirim yang mendukung program layanan gratis onkos kirim. Seperti JNE, J&T, ID Express, atau yang lainnya.
2.Telah memiliki dokumen yang dibutuhkan sehingga dianggap sah untuk melakukan pendaftaran program gratis ongkos kirim. Seller cukup menyediakan salah satu dari KTP asli, Resi KTP atau legalisir, dan KITAS asli.
3.Perlu diperhatikan bagi seller yang belum memiliki dokumen yang telah disebutkan pada poin no.2 maka pendaftaran untuk layanan gratis ongkos kirim tidak bisa dilakukan atau akan ditolak secara otomatis.
4.Satu e-KTP, Resi KTP, atau KITAS dapat kalian gunakan untuk maksimal 5 toko yang akan didaftarkan kedalam program layanan ini.
5.Pastikan dokumen kalian dalam kondisi baik dan tidak rusak, terutama pada bagian yang mencantumkan NIK dan nama harus terlihat jelas.
6.Penjual yang terbukti melakukan bentuk kecurangan seperti melakukan pemalsuan identitas, menggunakan identitas orang lain tanpa persetujuan, dan lainnya sebagainya, pihak shopee tidak akan mentolerirnya.

ongkir dan gratis
Sumber: Freepik

Setelah melakukan langkah-langkah mendaftar dan memenuhi seluruh dokumen, maka penjual akan tergabung maksimal dalam 3 hari kerja dihitung sejak seluruh dokumen diterima secara lengkap.

Jangan khawatir, kalian akan mendapatkan notifikasi bahwa telah tergabung dengan menerima konfirmasi pendaftaran.

Nah, gimana? Sudah pernah mencoba belum menaikkan omset penjualan dengan mengikuti program ini? Yuk langsung saja daftarkan toko shopee milik kalian ke program gratis ongkir

Berbagai sumber